,

,

Rabu, 18 Maret 2015

MEMBUKA JALUR PEMANJATAN TEBING LAWANG

Pada tanggal 21 - 22 Februari 2015 Tim Indonesia Climbing Expedition, Sekolah Merah Putih dan Vertical Rescue Indonesia yang di pimpin oleh Tedy Ixdiana mengunjungi Cirebon dalam rangka survei tampat sekaligus membuka jalur pemanjatan di tebing Lawang. Tebing lawang sendiri terletak di belakang tebing Cupang, Desa Cupang Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. 
Dalam kesempatan itu pula diadakan silaturahmi dengan Mapala, OPA dan Sispala Cirebon, sehingga pada waktu itu dibentuklah Komunitas Panjat Tebing Cirebon (KPTC) yang terdiri dari perwakilan Mapala, OPA, dan Sispala. Pada hari minggu, tanggal 22 Februari 2015 dimulailah pembukaan jalur pemanjatan di tebing Lawang oleh gabungan Tim tersebut bersama KPTC, jalur pemanjatan yang dibuat ada 7 jalur pemanjatan, di tebing Lawang sendiri terdapat 4 jalur pemanjatan dengan grdae (tingkat kesulitan) mencapai 5.7 sampai 15. Tekhnik yang digunakan dalam pembukaan jalur di tebing lawang sendiri menggunakan tekhnik Aid Climbing karena medan batuan yang flat atau blangk sehingga diperlukan tekhnik Aid Climbing.
"Jalur pemanjatan sudah kita buat, silahkan kalian manfaatkan jalur tersebut sebaik mungkin. Bila perlu silahkan kalian tambah jalur yang tadi kita buat. Satu yang penting, perkenalkanlah panjat tebing pada teman, saudara, bapa, ibu, adik, kaka dan lainnya tentang panjat tebing. Ajaklah mereka untuk memanjat tebing, sehingga panjat tebing ini tidak hanya dinikmati oleh kaum minoritas pecinta alam saja, melainkan secara umum dan menyeluruh bagi seluruh masyarakat indonesia. Anak-anak ajari panjat tebing, biarkan mereka mengacu pada sport climbing yaitu spider kids, yang muda ajaklah untuk memanjat tebing dan kenalkanlah tentang adventure climbing". Ungkap Tedi Ixdiana diacara evaluasi kegiatan tersebut.


suasana silaturahmi sekaligus pembentukan Komunitas Panjat Tebing Cirebon
Kerja bakti memberishkan lingkungan sekitar tebing



Pembuatan jalur di tebing Cupang





Pembuatan jalur di tebing Lawang

Foto bersama


Oleh :
Dedi Muhammad Kurniawan
NPAM-027-MUCI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar