,

,

Senin, 23 Maret 2015

GEMPA CIREBON BUKAN BERASAL DARI GEMPA ACEH



Gempa dengan kekuatan 5,1 skala richer (SR) terjadi di Kabupaten Aceh Jaya dini hari tadi sekitar pukul 01.21 WIB. Informasi yang dirilis bmkg.go.id, gempa yang terjadi di Kabupaten Aceh Jaya di kedalaman 10 Km, 711 Km barat daya, 2.54 LU-89.69 BT tidak berpotensi tsunami.
Pada waktu yang bersamaan, sejumlah warga Cirebon khususnya di bagian Timur yang masih terjaga dini hari merasakan getaran gempa dan awalnya mengira getaran itu berasal dari gempa di Kabupaten Aceh Jaya.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)‎ Stasiun Jatiwangi Pujiono mengatakan getaran gempa yang dirasakan sejumlah warga di Cirebon khususnya bagian Timur berasal dari gempa di Brebes Jawa Tengah.

Dia menuturkan pada 23 Maret 2015 sekitar pukul 01.05 WIB terjadi gempa 4,7 SR di 11 Km Selatan Brebes Jateng di kedalaman 18 Km dan yang dirasakan di Tegal hingga III MMI.

"Gempa Aceh tidak dirasakan di Cirebon, melainkan dari gempa di Jateng," katanya melalui pesan whatsapp.

‎Pujiono tidak menjelaskan ketika ditanya mengenai rilis BMKG pusat yang hanya menyampaikan informasi gempa di Aceh sedangkan untuk informasi gempa di Jateng muncul di situs resmi BMKG beberapa jam kemudian.

‎III MMI (modified mercalli intensity) merupakan jenis kekuatan gempa, adapun untuk III MMI merupakan gempa jenis ringan yang getarannya dirasakan warga seperti ada truk besar melintas di depan rumah.

Sumber :
http://bandung.bisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar